Halo sahabat deCODE! Apa kabar nih? Semoga sehat selalu yaa. sahabat decode pernah ga sih ngerasa cemas dan takut ketika tertinggal dalam suatu hal yang baru? Hati-hati loh bisa jadi sahabat decode terkena sindrom FOMO. Tapi sebelum nya sahabat decode tau nggasi apa itu sindrom FOMO? Kalo belum tahu apa itu FOMO, yuk simak terus artikel dibawah ini yaa.

Fomo atau fear of missing out adalah sebuah sindrom yang membuat seseorang merasa takut, cemas atau khawatir ketika tertinggal dalam sebuah tren media sosial, aktivitas atau bahkan informasi. Orang yang mengalami sindrom ini takut di cap akan “ ketinggalan zaman” dan tidak gaul. Hal ini sangat relate dengan kehidupan kaum milenial, dimana teknologi sudah sangat maju dan membuat akses menuju infomasi sangat lah mudah.

FOMO juga berkaitan dengan keinginan untuk mengikuti segala aktivitas agar tidak merasa ketinggalan momen. Hal ini tidak bagus, dikarenakan tubuh kita pun membutuhkan istirahat.Jika hanya untuk eksitensi di media sosial yang sedang mengikuti sebuah aktivitas, maka sindorom ini sangat berbahaya untuk jangka waktu yang lama.

Nah, jika sahabat decode merasakan mempunyai kecemasan akan ketinggalan suatu hal, bisa saja sahabat decode mengalami sindrom fomo tersebut. Tapi tenang aja kok sahabat decode! kalo kata kunto aji “tenangkann hatii~ semua ini bukan salahmuu~” eh malah jadi nyanyi kan hahaha. Tenang aja karena saya punya tips untuk mengatasi FOMO, simak tips berikut ini yaa.

  1. Pertama, selalu bersyukur. Perasaan tertinggal bisa jadi terjadi karena sahabat decode sibuk membandingkan diri dengan orang lain. Merasa bersyukur dapat menumbuhkan kepuasan terhadap diri sendiri dan menghalang rasa iri kepada orang lain.
  2. Kedua, gunakan sosial media seperlunya. Walaupun bukan penyebab utama, tetapi media sosial bisa menjadi jembatan menuju rasa tertinggal dengan orang lain. Gunakan media sosial seperlunya dan jangan terlalu berlebihan sehingga sahabat decode bisa lebih fokus dengan diri sendiri dan lingkungan.
  3. Ketiga, carilah aktivitas atau kegiatan yang sahabat decode senangi. Dengan cara ini sahabat decode bisa lebih produktif dan fokus dengan hal yang memang disukai. Hal ini dapat membantu kepuasan dan kesenangan terhadap diri sendiri.

Itu tadi diatas adalah penjelasan tentang FOMO dan cara mengatasinya. Gimana nih sahabat decode? kira-kira apakah informasi diatas bermanfaat? Jika informasi diatas bermanfaat mari kita tebar positive vibes ke semua orang

Baca Juga

5 TIPS LIBURAN AMAN DIKALA PANDEMI

3 FILM MCU YANG WAJIB DITUNGGU TAHUN INI

KUMPULAN LAGU HITS LAGU GALAU INDONESIA