Halo sahabat deCODE! Dunia kini kembali diramaikan dengan virus deltacron. Para peneliti mengungkapkan bahwa virus terbaru ini merupakan gabungan dari omicron dan delta yang telah menyebar sebelumnya. Varian deltacron ini kabarnya telah menyebar ke berbagai wilayah di dunia.

Varian deltacron ini memiliki berbagai gejala tertentu seperti gejala varian Covid-19 lainnya. Sebelumnya diberitakan, infeksi delta mempunyai 3 gejala tertentu, seperti: demam tinggi, batuk, dan sakit kepala. Sedangkan kasus omicron lebih sering ditandai dengan kelelahan kronis dan nyeri tubuh. 

Varian virus sebelumnya cenderung menimbulkan gejala yang berhubungan dengan sistem pernapasan bagian atas, seperti: sesak napas, hilangnya rasa, serta bau. Berdasarkan data yang dihasilkan, 6 gejala berikut berpotensi dari infeksi virus deltacron:

  1. Sakit kepala
  2. Demam tinggi dan selanjutnya berkeringat atau kedinginan
  3. Sakit tenggorokan
  4. Batuk terus menerus
  5. Kelelahan yang tidak dapat dijelaskan atau kehilangan energi
  6. Nyeri dan nyeri tubuh yang kronis dan meluas

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan bahwa virus deltacron belum masuk ke Indonesia. Namun, di beberapa negara, seperti: Amerika Serikat, Belanda, Perancis, dan Denmark varian ini sudah terdeteksi.

Nah itulah gejala-gejala yang ditimbulkan oleh virus deltacron. Yuk, cegah sebelum mengobati dengan menerapkan protokol kesehatan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Khaerunnisa Alfitri Editor: Wifda Mufti Karima