Jika berbicara tentang Somalia, maka yang terbayang di benak kita mungkin adalah para perompak yang sering menyandera kapal yang lewat di perairan negara tersebut. Tentu, stigma negatif yang akan selalu terbayangi di dalam benak pikiran kita. Akan tetapi, film yang akan direkomendasikan ini bisa membuat stigma kita berubah 360 derajat loh.

Film yang direkomendasikan ini adalah sebuah film yang sangat menginspirasi dan memiliki sisi perjuangan jurnalisme yang sangat tinggi. ”The Pirates of Somalia”  lah judul dari film yang menginspirasi ini. Film tersebut merupakan film biografi dari sang jurnalis terkenal yang bernama Jay Bahadur.

Jay Bahadur merupakan seorang jurnalis asli Toronto, Kanada. Dia memiliki keturunan India dari sang Ayah. Jiwa jurnalisnya membuat Ia tertarik mengulik hal-hal yang mungkin sangat membahayakan nyawanya. Semangatnya semakin berapi-api setelah dirinya bertemu dengan Seymour Tolbin yang merupakan jurnalis idola Jay.

Seymour memberikan suntikan semangat kepada Jay bahwa sebagai seorang Jurnalis dirinya harus berani mengambil resiko yang sangat besar. Bahkan, nyawa sekalipun bisa menjadi taruhan untuk mendapatkan sebuah fakta dan data akurat, serta memberikan hasil sesuai dengan kebenaran.

Jay Bahadur sendiri merupakan Jurnalis amatiran yang merasa dirinya sangat profesional. Dengan bermodalkan nekad, Jay pergi ke zona bahaya yang di mana jurnalis profesional pun enggan untuk menginjakkan kakinya tempat tersebut, yaitu Somalia.

Sejak kedatangannya ke Negara ini, Jay Bahadur bertemu dengan pemandu yang selalu menemani dirinya selama berada di sana, yaitu Abdi. Pada awal menginjakan kaki di Somalia, Jay selalu merasa seperti terancam. Namun, hari demi hari terlewatkan dengan seperti biasa.

Selama di sana Jay tidak merasa ada hal-hal yang mengancam, orang-orang Somalia pun tak seganas seperti yang digambarkan oleh media di Amerika sana. Justru mereka sangat ramah terhadap sesama serta kepada orang baru.

Yang menjadi hal unik lainnya, yaitu ketika Jay Bahadur berkesempatan mewawancarai seorang pemimpin bajak laut di sana yang biasa dikenal dengan Boyah. Menurut Boyah yang mewakili masyarakat setempat, mereka tidak suka disebut sebagai Bajak Laut atau perompak. Mereka lebih suka disebut sebagai “Penjaga Lautan”, karena mereka hanya menjaga laut dari kapal-kapal asing yang memasuki laut mereka dan merampas hasil laut serta tidak mau membayar pajak. Mereka juga mengaku tidak pernah membunuh satu orang pun yang mereka tahan. Mereka hanya menginginkan mereka membayar pajak dan hasilnya dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Dan selama di Somalia, Jay sangat akrab dengan warga di sana berkat sang pemandu yang mampu meyakinkannya bahwa Somalia tidaklah berbahaya seperti yang media tampakkan.

Masyarakat Somalia ramah dan akrab. Negara ini tidak seperti yang media tampakkan.

Penasaran dengan perjalanan Jay Bahadur selama di Somalia? Nonton aja “The Pirates Of  Somalia” karena film ini sangat kaya akan makna, terutama bagi kita yang mungkin selama ini memiliki pandangan yang kurang baik akan negara tersebut. Film ini juga sangat menginspirasi bagi kalian yang tertarik dengan dunia jurnalisme.

The Pirates Of Somalia (2017)

Rating             : 6.9/10 (IMDB), 63% (Rotten Tomates)

Director           : Bryan Buckley

Writers            : Jay Bahadur (Book “The Pirates Of Somalia), Bryan Buckley (Screenplay)

Cast                 :

  1. Evan Peters ( Jay Bahadur )
  2. Al Pacino ( Seymour Tolbin )
  3. Barkhad Abdi ( Abdi )
  4. Mohamed Barre ( Boyah ), etc.

Sumber: IMDb

Reporter: Muhammad Faisal Barakuan | Editor: Sasya Semitari P & Galih Perdana