Pesatnya pembangunan kota Jakarta ditandai dengan semakin banyaknya pusat perbelanjaan yang tumbuh dan berkembang dikota ini, salah satunya yang masih eksis adalah Blok M Square. Bangunan ini dibuka pada Juni 2008 dan merupakan salah satu pasar atau pusat perbelanjaan dari 153 pasar yang dimiliki PD Pasar Jaya. Selain mengakomodasi pengecer kecil yang menawarkan berbagai pilihan berbelanja, seperti elektronik, telepon seluler, perhiasan, pakaian, makanan, Blok M Square dikenal sebagai pusat penjualan perlengkapan fashion, batu cincin(akik), hingga menjual barang vintage seperti piringan hitam dan kaset.

Untuk mencari barang Vintage tersebut cukup mudah karena berada di lantai dasar Blok M. Dengan semilir hembusan AC, suara musik band kenamaan tahun 90-an pun dilantunkan. Seperti surga tersendiri bagi penikmat musik “Jadoel”. Tempat ini menjual beragam musik mulai dari tape, piringan hitam, dan cd keluaran lima dekade yang lalu. Disini juga merupakan wadah komunitas musik “Jadoel” yang sudah lama sekali menetap di lantai dasar Blok M. Menurut Hamzah ( pemilik toko musik di Blok M ) komunitas ini tidak menjadi saingan terhadap toko-toko musik lainnya, tetapi komunitas ini memberikan kehangatan bagi para penikmat musik dan untuk melengkapi kekurangan masing-masing.

Di Era yang serba mengandalkan gawai (gadget) dan internet ini banyak toko musik yang gulung tikar dikarenakan orang lebih suka mendengarkan musik saja, bukan tentang fisik sebuah album musik tersebut. Hal ini menyebabkan penjualan yang kurang maksimal, dan tidak ada lagi minat dari masyarakat. Namun, semua terbantahkan oleh “Gerombolan” pedagang yang hari demi hari terus menambahkan koleksinya untuk dijual di toko mereka yang berada di lantai dasar ini. Mereka percaya bahwa masih ada segmentasi untuk masyarakat yang menyukai musik tersebut dan keinginannya untuk mengkoleksi bentuk fisiknya.

Komunitas ini terletak di tempat yang strategis karena di Blok M banyak menyediakan lahan parkir dan sangat dekat dengan terminal Blok M, sehingga mudah diakses oleh masyarakat. Komunitas ini menawarkan berbagai musik yang sudah langka di kalangan masyarakat dan dibuka serentak jam 14.00-19.00 WIB. Dengan harga yang dijual mulai dari Rp.10.000-Rp. 500.000 tentu saja menjadi satu alasan untuk  mengunjungi komunitas musik “Jadoel” ini. Bagi para penggemar musik, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk melengkapi koleksi musik anda.

Mahesa Putra Widodo

Decode