Halo Sahabat deCODE! Saat ini perjalanan dari Bekasi ke Jakarta menempuh waktu sekitar satu jam lebih lho dengan menggunakan mobil atau bus. Hal itu, dikarenakan padatnya kendaraan pribadi menuju Jakarta.

Nah, apakah Sahabat deCODE suka bepergian dari Bekasi ke daerah Monas (Monumen Nasional) dan sekitarnya? Jika iya, ada beberapa alternatif angkutan umum dari Bekasi untuk menuju ke kawasan Jakarta Pusat tersebut. Mulai dari bus kota, transjakarta, commuterline, hingga kereta api regular.

Malas dengan ramainya bus kota dan commuterline sehingga membuat kamu lelah untuk berdiri? Ingin cepat sampai dengan suasana yang nyaman? Sahabat deCODE bisa mencoba naik kereta regular jarak jauh dari Stasiun Bekasi, lho!

Keuntungan menggunakan KA Reguler jarak jauh ini adalah memiliki waktu tempuh yang relatif lebih cepat, karena hanya berhenti di Stasiun Jatinegara dan Stasiun Gambir. Ada beberapa jadwal KA (Kereta Api) yang melayani rute Bekasi – Gambir pada pagi hari, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

1. KA Argo Parahyangan

Jadwal keberangkatan pukul 07:43 – 08:15

2. KA Cirebon Ekspres

Jadwal keberangkatan pukul 08:29 – 09:05

3. KA Argo Parahyangan

Jadwal keberangkatan pukul 09:10 – 09:45

4. KA Tegal Bahari

Jadwal keberangkatan pukul 09:55 – 10:29

5. KA Cirebon Ekspres

Jadwal keberangkatan pukul 11:03 – 11:37

Dan juga ada beberapa jadwal KA rute sebaliknya yaitu Gambir – Bekasi pada sore hari, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. KA Argo Parahyangan

Jadwal keberangkatan pukul 15:30 – 16:01

2. KA Argo Jati

Jadwal keberangkatan pukul 17:20 – 17:50

3. KA Argo Parahyangan Premium

Jadwal keberangkatan pukul 18:00 – 18:31

4. KA Argo Parahyangan

Jadwal keberangkatan pukul 18:45 – 19:14

5. KA Tegal Bahari

Jadwal keberangkatan pukul 19:45 – 20:15

6. KA Argo Parahyangan

Jadwal keberangkatan pukul 20:00 – 20:31

7. KA Cirebon Ekspres

Jadwal keberangkatan pukul 22:20 – 22:53

Ketika sudah mengetahui jadwal keberangkatan KA, nah saatnya sahabat deCODE pesan tiket di stasiun keberangkatan ya!

Akan tetapi ada yang perlu diketahui, bahwa pembelian tiket KA regular jarak jauh hanya bisa dibeli di stasiun keberangkatan pada H-2 jam sebelum keberangkatan dan tidak bisa dibeli lewat online, seperti KAI Access dan juga Traveloka.

Nah, untuk masalah harga tiket juga cukup bersahabat. Jika sahabat deCODE ingin menggunakan KA kelas ekonomi, hanya dikenakan biaya Rp 20.000 saja. Tetapi jika ingin menggunakan KA kelas eksekutif yang lebih nyaman lagi, maka kocek yang dikeluarkan cukup besar yaitu Rp 30.000 untuk sekali jalan dengan rute Bekasi – Gambir atau pun sebaliknya.

Jika sudah melakukan pembelian tiket on the spot, sahabat deCODE juga harus melakukan check-in di stasiun keberangkatan seperti layaknya ingin pergi dengan jarak jauh. Tidak lupa juga untuk selalu membawa kartu identitas untuk proses check-in.

“Hmm, kesannya sih yaa enak dan nyaman banget lah buat aku yang pulang ke Bekasi, cepet juga kan. Soalnya tempat duduknya enak, gaperlu berdiri, AC dingin. Terus di kereta bisa ngecharge juga, soalnya aku itu orangnya suka banget bawa handphone yang batrenya gak ke charge full jadinya ngebantu banget. Tapi harganya 20 ribu, yaaa affordable sihh. Soalnya cepet gitu cuma 30 menit nyampe. Kalo naik bus, harganya juga ga jauh beda sama kereta itu.” ungkap Mirzadea, mahasiswi UAI.

Dengan menggunakan KA regular jarak jauh, sahabat deCODE bisa mempersingkat waktu tempuh perjalanan yang hanya ditempuh dalam waktu sekitar 35 menit saja dari stasiun Bekasi menuju stasiun Gambir atau pun sebaliknya. Tertarik untuk mencoba?

Reporter: Sherly Ayu Ravenika | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana