Halo sahabat deCODE! Apakah kamu merupakan pengguna Mandiri e-money dan menggunakan smart phone berbasis Android/iOS? Banyak sekali cara untuk melakukan top up atau pengisian ulang saldo e-money, diantaranya adalah kita bisa melakukan transaksi di ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang memiliki perangkat scanning, di Indomaret dengan menggunakan kartu debit Mandiri, di halte Transjakarta, di gerbang tol yang menyediakan fasilitas top up, dan yang lainnya.

Kini, pengisian ulang saldo uang elektronik atau e-money semakin simpel dan mudah dengan Smart Phone berbasis Android/iOS melalui aplikasi Mandiri Online. Namun, tidak semua smartphone bisa melakukannya. Karena, yang bisa melakukan pengisian ulang saldo e-money hanya smart phone yang berfitur Near Field Communication (NFC).

Selain itu, kartu e-money juga harus mendukung fitur 3D Secure (kode otorisasi tambahan ketika melakukan transaksi online) atau VCN (Virtual Card Number). Jadi, ketika kita melakukan transaksi dengan menggunakan kartu debit yang mendukung 3D Secure, maka kode otorisasi akan dikirimkan ke nomor ponsel yang sudah terdaftar sebagai pengaman tambahan.

Kartu debit yang sudah mendukung 3D Secure diantaranya adalah hanya Bank Mandiri, Bank BNI, Bank CIMB, dan Bank Mega. Dengan semua persyaratan tersebut, kita bisa melakukan pengisian ulang saldo e-money melalui smart phone dan tidak perlu repot-repot keluar rumah.

Untuk melakukan pengisian ulang saldo e-money melalui smart phone, kita hanya perlu mengunduh aplikasi Mandiri Online saja. Lalu kemudian, pastikan terlebih dahulu nomor handphone sudah terdaftar sms banking di cabang Bank Mandiri.

Cara melakukan top-up atau pengisian saldo e-money melalui Android, yaitu sebagai berikut:

  1. Pastikan terlebih dahulu kartu debit yang digunakan untuk melakukan pengisian ulang dengan memiliki fitur 3D Secure, yaitu kartu debit Mandiri, BNI, CIMB, dan Bank Mega.
  2. Install aplikasi “mandiri e-money isi ulang” di Google Playstore
  3. Setelah terinstall, nyalakan NFC di smartphone
  4. Melakukan registrasi dan aktivasi pada aplikasi “mandiri e-money isi ulang”.
  5. Selanjutnya, log-in dengan menuliskan user ID dan password yang telah didaftarkan saat proses registrasi.
  6. Setelah log-in, maka tempelkan kartu e-money dibelakang smartphone. Kemudian, diamkan sejenak hingga tampil aplikasi isi ulang dengan informasi saldo dan pilihan nominal top-up.
  7. Setelah memilih nominal yang diinginkan, isi nomor kartu debit disertai dengan masa berlaku dan kode CVV (kode 3 digit terakhir di belakang kartu) dengan keadaan kartu e-money yang masih ditempel dibelakang smartphone
  8. Kemudian, akan tampil konfirmasi top-up dan biaya fee. Jika menggunakan kartu debit Mandiri, maka fee nya adalah Rp 2.000 / transaksi. Jika menggunakan kartu debit lain, maka fee nya adalah Rp 4.000 / transaksi.
  9. Selanjutnya, masukkan kode otorisasi yang dikirimkan ke nomor handphone
  10. Angkat kartu e-money dari belakang smartphone kamu sejenak, kemudian tempel kembali kartu e-money ke belakang smartphone dan jangan dilepaskan. Karena proses pengisian saldo sedang berlangsung.
  11. Saldo e-money berhasil terisi!

“Saya juga baru tahu akhir-akhir ini kalau bisa melakukan pengisian ulang saldo e-money melaui android. Karena kebetulan saya juga pengguna android kan, jadi pas banget gitu. Nggak perlu repot-repot lagi kalau mau ngisi saldo harus keluar rumah, ke ATM segala macem. Buang-buang ongkos kan. Karena ada terobosan itu, jadi ya sekarang ini saya top-up saldo lewat android aja karena sangat simple.” ucap Donny sebagai salah satu nasabah Bank Mandiri sekaligus pengguna e-money.

Gimana, Sahabat deCODE? Sangat simple dan mudah bukan untuk melakukan pengisian saldo dengan menggunakan android? Menurut salah satu pengguna Mandiri e-money, PT Bank Mandiri Tbk telah memiliki inovasi yang sangat baik dan juga memudahkan nasabahnya untuk melakukan transaksi secara online. Jadi, sekarang kita gak perlu repot-repot ke ATM untuk top-up saldo e-money yang kita punya.

Reporter: Sherly Ayu R | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana