Hampir semua orang pernah memutar lagu berirama sedih berulang kali. Bahkan, hal ini dilakukan selama beberapa hari hingga berminggu-minggu. Nah, sahabat deCODE, mendengar lagu yang sama berulang kali merupakan hal yang paling alami di dunia. Namun, tahukah kalian? Mengapa kita sering melakukan hal ini?

Ternyata ada kelompok periset asal Jepang yang dibayar untuk mencari tahu mengapa lagu sedih lebih sering diputar. Meskipun mendengarkan lagu-lagu sedih seharusnya membuat kita merasa tidak enak, ternyata kita memiliki kecenderungan untuk benar-benar menyukai lagu-lagu tersebut.

Kenapa Lagu Sedih Lebih Sering Diputar?

Sumber foto: dailymail.co.uk

Dalam sebuah penelitian terhadap beberapa orang, peserta didengarkan satu dari tiga potongan lagu yang kurang dikenal untuk menghindari pengaruh emosional dari kenangan yang berhubungan dengan pendengaran sebelumnya. Periset meminta mereka untuk menunjukkan dengan tepat perasaan yang mereka alami saat mendengarkan musik, serta memprediksi jenis emosi yang mereka rasakan yang akan dialami orang lain saat mendengarkan lagunya.

Saat peserta merasakan musik yang sedih, mereka merasa lebih terpesona, jatuh cinta, gembira, bersemangat, dan cenderung menari. Ternyata, lagu sedih dapat membangkitkan rasa senang dengan koneksi pada diri seseorang yang paling dalam.

Saat mendengar lagu sedih, seseorang secara otomatis akan mengaktifkan ‘mental model’ dari lagu tersebut. Hal tersebut membuat seseorang memutar kembali pengalaman lama mereka dan menghubungkannya pada lagu tersebut. Karena itu, seseorang akan memutar lagu tadi secara berulang kali.

Source: mtv.com

Reporter: Rayza Al Khensha | Editor: Sasya Semitari P