Siapa sih yang masih asing dengan streetwear fashion? I bet no one! Mode pakaian yang satu ini memang tidak ada habisnya. Berawal dari inspirasi berpakaian para skaters di California, streetwear fashion sukses menjadi trend di berbagai negara! Gaya berpakaian ala jalanan ini menggabungkan elemen dari sportswear, hip hop, punk, dan Japanese street fashion.

Dengan menawarkan kenyamanan, streetwear fashion telah menjadi gaya favorit di ranah urban culture khususnya kaum anak muda. Nah, merek lokal pun turut berlomba-lomba merilis berbagai produk streetwear fashion yang kece abis, loh! Ada apa saja ya?

Ini dia 5 brand streetwear lokal yang menjadi favorit decode.

1. Public Culture

Untuk kamu yang suka tampil beda, brand satu ini cocok untuk dijadikan pilihan, nih! Dengan motif graffiti yang artsy, Public Culture berusaha menggambarkan ide utama dari brandnya, yaitu no rules in fashion! Pakaian yang dihadirkan dari brand ini terdiri dari berbagai warna, mulai dari basic, pastel, hingga neon. Tak hanya itu, Public Culture mengusung desain yang seru, seperti full-print tops dan trackpants dengan aksen garis yang super hype!

2. United Hart! (UH!)

Brand streetwear lokal yang satu ini sangat kental dengan nuansa streetwear culture. UH! bermain dengan desain yang simple namun berkarakter kuat. Meskipun warna-warna yang dihadirkan adalah warna netral, namun desain serta typography UH! memiliki pesan yang sangat kuat dan eyecathcing. Produk-produk dari UH! ini cocok banget untuk kamu yang menyukai hal konsisten namun berkarakter.

3. Locale

Jika kalian sudah lama mengikuti perkembangan brand streetwear lokal, pasti sudah tidak asing lagi dengan Locale ya, sahabat deCODE! Locale merupakan salah satu brand streetwear lokal yang dikenal memiliki pesan tersirat pada ragam motifnya. Mulai dari isu persahabatan, sosial, bahkan hingga isu politik. Nuansa yang diusung oleh Locale adalah mode pakaian ala 90an yang diadopsi pada era modern.

4. Thanksinsomnia

Thanksinsomnia terbilang sebagai salah satu brand yang konsisten untuk menghadirkan busana street style yang trendi. Seperti motif khas ala streetwear pada umumnya, brand Thanksinsomnia memiliki desain yang modis seperti artsy typography, motif stripe, outer full-print, dan juga hoodie. Warna yang dihadirkan pun sangat bervariasi dan berani. Pada Januari 2019 kemarin, Thanksinsomnia baru saja mendapatkan penghargaan sebagai brand lokal favorit versi Folkative loh!

5. Kamengski

Last but not least, brand streetwear lokal favorit deCODE adalah Kamengski. Brand yang satu ini sangat terkenal sebagai pakaian yang dijamin bikin ngakak karena desainnya yang nyeleneh. Kamengski kerap membuat desain plesetan dari berbagai brand ternama luar negeri. Tak hanya itu, Kamengski juga sering menghadirkan desain yang ‘Indonesia’ banget pada pakaiannya, seperti gambar ayam yang ada di spanduk pecel ayam Lamongan.

sumber foto: Pikdo

Dari brand streetwear lokal di atas, tentu kalian merasa bangga kan pakai produk karya anak bangsa? So, brand manakah yang menjadi favoritmu?