Keluarga Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (KMFISIP) melalui FISIP Berbakti kembali hadir mengadakan aksi pengabdian kepada masyarakat di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor Jawa Barat, acara ini mengusung tema “Wajah baru untuk Desa ku.”

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 5-7 Agustus 2019 disambut hangat oleh masyarakat Desa Karang Tengah. “Disini mah, kami sangat senang kalau kedatangan tamu yang mau bantu membenahi desa, ya tapi cuma apa danya saja yang bisa kami sediakan” ujar pak RT.

Keadaan disana cukup memprihatinkan. Mulai dari susah sinyal, masjid yang tidak terdengar suara adzan, dan beberapa rumah warga yang tidak ada kakus (tempat buang air). Memprihatinkan sekali bukan? Padahal lokasi tersebut tidak begitu jauh dari tengah kota.

Sumber Foto: Dokumentasi FIBER

Kegiatan yang dilakukan disana ialah memberikan motivasi dan pembelajaran pada siswa SD Desa Karang Tengah. ‘’Seneng banget bisa mengajar adik-adik disni, tapi sangat disayangkan kalo pengetahuan mereka masih kurang’’ ujar Mildiani selaku panitia fiber.

Setelah kegiatan belajar-mengajar selesai, panitia Fiber membantu bersih-bersih Desa Karang Tengah serta membangun kedai kopi dan pelatihan pembuatan kopi. Kedai kopi tersebut bernama Kedai Kopi Kencana Wangu. Tujuan pembangunan kedai kopi ini untuk membantu pendapatan ekonomi di desa tersebut, serta menyumbangkan satu ekor kambing sebagai hewan qurban.

Oiya, sobat deCODE! Sebagai mahasiswa yang memiliki intelegensi, kreatifitas, dan kepemimpinan yang tinggi, kita harus memiliki peran penting dalam pengabdian di masyarakat, lho. Apapun bentuk peranannya, kita sebagai mahasiswa harus bisa menciptakan sebuah pengabdian yang mampu menciptakan sejuta manfaat untuk masyarakat.

“Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali” ― Tan Malaka, Madilog