May 20, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Dusun Bambu: Primadona Wisata Alam Baru di Bandung

3 min read
Dusun Bambu: Primadona Wisata Alam Baru di Bandung

Foto: Ken Akbar W

Bandung selalu bisa menghadirkan tempat wisata yang mengasyikan. Sebagian diantara kalian mungkin sudah mengenal salah satu tempat wisata favorit di Bandung bernama Dusun Bambu. Terletak di kaki Gunung Burangrang, kawasan ekowisata Dusun Bambu menyajikan lanskap yang sangat menarik.

Asal mula tempat ini dibangun adalah dari sebuah keprihatinan terhadap sebuah lahan di Bandung Barat. Saat itu, Dusun Bambu merupakan lahan yang tidak diperhatikan oleh petani setelah musim panen. Maka, sejak tahun 2008 beberapa pengusaha memiliki ide sederhana untuk mengembalikan lahan yang memprihatinkan tersebut untuk diperbaiki.

Salah satu ide yang muncul adalah sebagai lahan konservasi bambu. Dengan area lahan sekitar 15 hektar, Dusun Bambu memulai semuanya dari awal dengan menanam lebih dari 100,000 bibit pohon, guna mengembalikan kawasan hijau.

Dusun Bambu banyak menggunakan nama-nama yang lekat dengan kearifan lokal setempat. Misalnya, tempat glamping diberi nama dengan Sayang Heulang. Restoran diberi nama dengan Burangrang (nama Gunung dekat Dusun Bambu).

Lutung Kasarung juga dijadikan nama untuk salah satu Café. Café tersebut memiliki konsep yang unik, kalian bisa menikmati hidangan kuliner di rumah pohon. Ruang-ruangnya juga didesain dengan indah seperti kandang burung.

Bagi yang doyan berbelanja, Dusun Bambu juga menyediakan tempat khusus berbelanja yang bernama Pasar Khatulistiwa. Di sana kalian dapat membeli berbagai macam kerajinan tangan dan kuliner khas kota Bandung.

Sahabat deCODE yang ingin bermalam di sini tidak perlu khawatir, karena Dusun Bambu juga memiliki penginapan yang bernama Villa Kampung Layung. Villa ini pas banget buat pasangan ataupun keluarga besar. Dengan harga mulai dari 2 juta hingga 3.75 juta rupiah, kalian sudah bisa menikmati suasana desa dengan fasilitas modern.

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di Dusun Bambu Cisarua, Bandung Barat. Kalian bisa menikmati suasana pedesaan yang damai sambil naik sampan Sangkuriang. Terdapat fasilitas yang dihadirkan untuk anak-anak seperti Rabbit Wonderland, anak-anak bisa bermain bebas dengan kelinci di sebuah labirin.

Selain itu, ada juga Bamboo Play Ground, dimana anak-anak bisa bermain dengan bambu. Semua alat dan aneka fasilitas permaian dipadukan dari bahan-bahan alami. Mulai dari bambu hingga gelondongan pohon yang dibentuk sebagai wahana permainan.

Bagi kalian yang anak gunung, kalian bisa mencoba sensasi bergelantungan diatas hammock yang tergabung dalam area hammock tower disudut ujung dari Kawasan Dusun Bambu.

Jika kalian ingin menikmati luasnya area Dusun Bambu, mobil pick up seperti mobil wisata siap mengantarkan anda berkeliling. Atau kalian juga dapat berkeliling sambil menaiki kuda yang tersedia di Area Berkuda. Namun, berjalan kaki juga tak kalah menyenangkan karena kalian bisa berfoto dengan latar belakang keindahan alam.

Bagi kalian yang belum pernah dan ingin datang ke tempat wisata yang asik ini, kami punya alamatnya buat kalian. Selamat berwisata sahabat deCODE!

Alamat Dusun Bambu berada di Jalan Kolonel Masturi KM 11 Cisarua,Bandung Barat.

Tiket Masuk Dusun Bambu Lembang

-Tiket Masuk Rp. 25.000,-

- Parkir Mobil Rp 10.000,-

- Kisaran harga makanan antara Rp. 20.000 hingga Rp. 60.000

- Tiket Hammock Tower Rp.20.000

- Main Ikan atau Kelinci Rp. 15.000/anak

Reporter: Ken Akbar W. | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.