June 15, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Jelajah 3 Pulau Bersejarah di Jakarta dalam 1 Hari

2 min read
Jelajah 3 Pulau Bersejarah di Jakarta

Sumber : kataomed.com

Halo Sahabat deCODE! Setelah seminggu menjalani aktivitas pastinya butuh banget pergi refreshing. Nah, pas banget nih deCODE punya rekomendasi tempat wisata, yaitu Taman Arkeologi Onrust. Taman ini terdapat 3 pulau yang bisa memanjakan mata dengan keunikannya masing-masing sekaligus belajar sejarah. Hal ini karena 3 pulau di dalamnya merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda.

Penasaran ada pulau apa saja dan apa isi pulaunya? Yuk! simak daftar di bawah ini

1. Pulau Onrust

Jelajah 3 Pulau Bersejarah di Jakarta dalam 1 Hari
Sumber : mitramuseumjakarta.org

Dahulu, pulau ini digunakan sebagai tempat karantina para jemaah haji yang baru berpulang dari Arab Saudi. Selain itu, Pulau Onrust juga sempat menjadi tempat persinggahan kapal, pergudangan untuk menyimpan rempah-rempah sebelum diekspor, dan penjara.

Di pulau ini, kalian dapat menemukan sisa-sisa reruntuhan bangunan, pemakaman, dan Museum Pulau Onrust. Museum ini menyimpan dokumentasi sejarah, miniatur pulau, dan koleksi benda bersejarah dari ketiga pulau.

2. Pulau Cipir

Jelajah 3 Pulau Bersejarah di Jakarta dalam 1 Hari
Sumber : expeditionnusantara.com

Berdampingan dengan Pulau Onrust, Pulau Cipir digunakan sebagai rumah sakit bagi jemaah haji yang dikarantina. Layaknya Pulau Onrust, pulau ini juga digunakan sebagai gudang penyimpanan. Di sini Sahabat deCODE dapat menemukan bangunan-bangunan yang lebih utuh daripada Pulau Onrust. Konon kabarnya, pulau ini juga dijadikan sebagai tempat eksekusi pemerintah kolonial, lho!

3. Pulau Kelor

Jelajah 3 Pulau Bersejarah di Jakarta
Sumber : suarapemerintah.id

Berbeda dengan pulau-pulau sebelumnya, Pulau Kelor memiliki ukurannya yang lebih kecil dan memiliki pantai yang lebih luas. Pulau ini hanya memiliki satu bangunan bersejarah yang sangat ikonik yaitu Benteng Martello. Benteng ini dibangun dengan batu bata merah yang melingkar. Kabarnya, dahulu Benteng Martello digunakan sebagai benteng pertahanan dan menara untuk mengintai laut oleh pemerintah kolonial Belanda.

Itulah ketiga pulau yang ada di Taman Arkeologi Onrust. Sahabat deCODE dapat menjelajahi ketiga pulau tersebut dalam satu hari lho! Harga yang ditawarkan berkisar Rp65.000-Rp100.000 sudah meliputi sewa perahu, retribusi pulau, dan pemandu wisata. Paket wisata ini dapat dipesan melalui agen perjalanan wisata kesayangan kalian.

Baca juga : Hidden Gem di Jakarta Selatan, Cocok Untuk Jadi Tempat Hangout Bareng Bestie Kamu

Wah, menarik sekali ya ketiga pulau tersebut. Tunggu apalagi? Yuk, refreshing ke Taman Arekologi Onrust. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ya Sahabat deCODE. See you!

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Ferdy+Arrahman”]Penulis: Ferdy Arrahman[/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Wifda+Mufti+Karima”]Editor: Wifda Mufti Karima[/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.