February 28, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Sayap-Sayap Patah : Film Inspirasi dari Tragedi Mako Brimob 2018

2 min read

sumber foto : tempo

Sahabat deCODE, masih ingatkah dengan tragedi kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok pada tahun 2018? Peristiwa memilukan ini menewaskan lima anggota Densus88 saat bertugas.

Denny Siregar, eksekutif produser film Sayap Sayap Patah terinsipirasi dengan tragedi ini dan ingin mengenang jasa para pahlawan yang gugur.

Denny Siregar, eksekutif produser film Sayap Sayap Patah terinsipirasi dengan tragedi ini dan ingin mengenang jasa para pahlawan yang gugur.

“Saya juga ingin membuat monumen untuk lima orang anggota Densus 88 yang gugur dalam peristiwa itu. Selama ini, banyak sekali narasi yang dibangun seolah-olah kejadian terorisme itu tidak ada. Terorisme itu ada dan sangat nyata. Korbannya begitu banyak.” ucapnya pada Januari 2022.

Makna dari Sayap-Sayap Patah berasal dari terjemahan bahasa Inggris “broken wings”. Diambil dari lambang negara kita yaitu sayap burung garuda, menjadi patah karena aksi tindakan terorisme.

Film ini disutradarai oleh Rudi Soedjarwo dan penulis Monty Tiwa.

Denny juga menuturkan ia tidak ingin terlalu fokus kepada peristiwanya, tetapi nilai kemanusiaan yang terkandung didalamnya.Ia tidak ingin menyinggung keluarga korban sehingga Sayap-Sayap Patah bukanlah merupakan film aksi, melainkan film drama. Karena selain mengangkat isu terorisme dan radikalisme, cerita ini juga mengangkat drama kisah cinta.

Misi Denny Siregar yaitu untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa aksi radikalisme dan terorisme itu nyata adanya. Menurutnya film merupakan salah satu propaganda terbaik untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap tanah air.

Beberapa aktor ternama juga menjadi pemain dalam film ini , salah satunya Nicholas Saputra, Ariel Tatum, Iwa K, Poppy Sovia, Khiva Ishak, Ariyo Wahab, dan Gibran Marten. Nicholas dan Ariel tatum memerankan peran sebagai pasangan suami istri dan Nicholas menjadi anggota Densus88 dan Iwa K berperan sebagai teroris.

Proses pembuatan film ini pun merupakan tantangan baru bagi para aktor untuk keluar dari zona nyaman mereka seperti Ariel Tatum serta Nicholas Saputra. Nichola pun mempelajari banyak hal salah satunya lebih sering berinteraksi dengan anggota Polri untuk mengetahui tugas-tugas Densus88.

Film ini rencana akan tayang pada bulan Agustus 2022, terlihat seru ya sahabat deCODE? Tunggu di bioskop kesayangan kamu ya!

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Nisriina +Nurhaliza”]Penulis: Nisriina Nurhaliza[/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Ummi+Syaada”]Editor: Ummi Sya’ada[/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.