June 20, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Yang Tersembunyi Di Kota Bekasi

2 min read
Yang Tersembunyi Di Kota Bekasi, Curug Parigi

Sumber foto: google.com

Kota Bekasi. Bila Sahabat deCODE mendengar kata itu, yang terpikirkan oleh kalian pasti adalah sebuah kota polusi, panas, dan kota industri. Namun, dibalik itu semua taukah kalian ada sebuah air terjun tersembunyi di Bekasi? Yaapss, Curug Parigi namanya. Curug Parigi merupakan air terjun kecil yang berada di Bekasi, tepatnya di daerah Bantar Gebang.

Curug Parigi ini juga sering disebut sebagai Niagara versi Mini atau Niagara-nya Bekasi. Curug ini sudah dikenal oleh masyarakat pada tahun 2000. Curug Parigi ini, terbentuk akibat penambangan Batu Kali yang masif sehingga terbentuk beberapa patahan yang akhirnya menghasilkan sebuah karya alam yang luar biasa indah.

Curug Parigi mempunyai ketinggian 2 meter dengan lebar 20 meter. Untuk menjangkau tempat ini sangatlah mudah, Sobat DeCODE bisa menggunakan transportasi online atau-pun membawa kendaraan pribadi. Kalian juga, tidak perlu khawatir mengenai dompet karena kalian bisa menikmati Curug Parigi ini secara gratis lhooo. Selain itu, Curug ini juga pernah menjadi lokasi shooting beberapa film pada tahun 1980 yang berjudul “Dia Sang Penakluk” dan “Suzana”. Curug Parigi ini memiliki beberapa fakta-fakta yang unik lhoo. Penasaran?? Yuuk kita Simak.

  • Debit Air Tergantung Musim

Sedikit berbeda dengan Niagara Falls, Curug Parigi punya keunikan tersendiri. Keindahan Curug sangat ditentukan oleh debit air yang mengalir di sungai. Berhubung sedang musim kemarau, debit air tidak begitu banyak. Hanya sebagian kecil dari Curug Parigi yang dialiri air. Sedangkan. pada musim hujan, seluruh sisi curug akan dialiri air. Bahkan, hingga permukaannya rata. So, biar bisa dapat foto yang bagus, perhatikan musimnya yaa, biar nggak kecewa.

  • Oase di antara Hiruk Pikuk

Letaknya memang di Bekasi, jauh dan panas. Tapi, sekali kamu sampai ke Curug Parigi, semua kepenatan dijamin hilang deh. Ibaratnya oase indah di antara belantara pabrik dan kemacetan yang menjadi ciri khas kota Bekasi, kondisi Curug Parigi memiliki kontur tanah sedikit menanjak dan berbatu. Layaknya tebing ini membuat para penggiat alam juga ingin datang serta mencoba untuk mendaki puncak curugnya.

  • Kisah Mistis

Nggak selamanya air terjun Parigi menyenangkan lho. Kadang-kadang, beberapa kisah misteri terjadi di curug yang berlokasi di Bantar Gebang. Pada tahun 2015 terdapat seorang warga yang menghilang ketika berenang di Curug tersebut.

So, Sahabat DeCODE tunggu apalagi? Kuyy, ber wisata ke Curug Parigi.

Reporter: Kautsar Yusuf Maulana | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.