July 14, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

5 Festival Musik Internasional yang Diselenggarakan Tiap Tahun di Indonesia

3 min read

Sumber: nadanadi.com

Berbagai acara tahunan menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Negara dengan jumlah penduduk sekitar 278 juta jiwa ini beberapa kali berkesempatan menjadi tuan rumah sejumlah acara internasional. Festival musik memiliki peran besar dalam rangka memperkenalkan Indonesia ke mancanegara.

Banyak wisatawan mancanegara yang datang ke tanah air untuk menghadiri festival musik di Indonesia. Selain menampilkan performa musisi dalam negeri, festival musik di Indonesia juga tidak jarang mendatangkan musisi mancanegara. Hal tersebut tentu menjadi daya tarik bagi penonton untuk menyaksikan penampilan musisi favoritnya.

Berikut festival musik internasional yang diselenggarakan tiap tahun di Indonesia.

1. Java Jazz Festival

Java Jazz Festival merupakan festival musik tahunan yang selalu menghadirkan musisi jazz tanah air maupun mancanegara. Festival ini menjadi salah satu acara musik yang memiliki banyak penggemar baik dari dalam maupun luar negeri. Java Jazz Festival pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005 dan telah berlangsung sebanyak 16 kali.

Beberapa musisi ternama yang  turut memeriahkan Java Jazz Festival 2022, yaitu: Gabe Bondoc, Alex Potrat, Idgitaf, Yura Yunita, Jaz, Teddy Adhitya, Danilla, dan masih banyak lagi.

Sumber: inilah.com

2. Synchronize Fest

Synchronize Fest adalah festival musik multi-genre dan lintas generasi. Acara ini mengajak para penonton untuk menikmati keberagaman genre musik, seperti: pop, R&B, rock & roll, Hip-Hop, hingga dangdut.

Synchronize Fest selalu menghadirkan musisi terbaik era 70-an hingga 2000-an. Beberapa musisi yang pernah tampil pada Synchronize Fest 2019 antara lain: Glenn Fredly, Barasuara, Jason Ranti, Monita Tahalea, Pamungkas, dan masih banyak lagi.

Format menarik pada Synchronize Fest adalah selalu menyajikan kolaborasi antarmusisi seperti Rhoma Irama dengan Dipha Barus hingga panggung reuni grup musik yang sudah lama vakum, seperti, kangen band reunion.

Sumber: nme.com

3. Soundrenaline

Soundrenaline pertama kali diselenggarakan pada tahun 2002 dan menjadi salah satu festival musik yang paling ditunggu. Puncak festival ini yaitu dengan mementaskan 4 panggung musik besar, yaitu AStage, Celebration Stage, All Time Stage, dan Creators Stage. Panggung festival musik ini berganti-ganti lokasi tiap tahunnya.

Beberapa musisi yang pernah mengisi acara festival musik Soundrenaline 2019 antara lain: RAN, Danilla, Fiersa Besari, Naif, dan beberapa musisi lokal lainnya. Selain itu, Soundrenaline juga kerap menghadirkan musisi internasional seperti Scrapping For Change, INXS, Mike Tramp, dan beberapa musisi lainnya.

Sumber: patrolipost.com

4. We The Fest

We The Fest menjadi festival musik yang sangat unik karena menggabungkan kegiatan konser, busana, dan kuliner dalam satu tempat. Festival ini menjadi salah satu festival incaran kaum milenial sejak digelar pada 2014 lalu.

Musisi lokal yang pernah memeriahkan panggung We The Fest 2020 antara lain: Isyana Sarasvati, Sheila On 7, Oslo Ibrahim, Naif, Jason Ranti, Hindia.  Selain itu, musisi internasional juga turut memeriahkan acara ini, seperti: Blackbear, Masego, Cheat Codes, dan Clairo juga tampil di We The Fest 2020i lho!

Sumber: kompas.com

5. Djakarta Warehouse Project (DWP)

Djakarta Warehouse Project merupakan festival musik EDM terbesar di Indonesia. Festival ini mengusung konsep Indoor music festival sejak pertama kali digelar pada tahun 2008. DWP menjadi festival yang berhasil menarik banyak penonton dengan total 20.000 penonton dari 39 negara yang hadir pada tahun 2016.

Hal berbeda ditawarkan oleh DWP pada tahun 2020 lalu yang diadakan secara virtual karena sedang pandemi. DWP tetap mendatangkan musisi terbaik pada bidangnya seperti Martin Garrix, Dipha Barus, Weird Genius, dan masih banyak lagi.

Sumber: everest.com

Dari daftar festival musik di atas, festival musik mana yang pernah sahabat deCODE hadiri? Komen di bawah ya.

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Muhammad+Faqih+Erbara”]Penulis: Muhammad Faqih Erbara[/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Wifda+Mufti+Karima”]Editor: Wifda Mufti Karima[/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.