deCODE Magazine

5 Kebiasaan Hidup Masyarakat Jepang agar Kamu Lebih Produktif

Jumlah penduduk Jepang berkisar 128,5 juta jiwa. Orang Jepang terkenal dengan penduduknya yang pekerja keras serta memiliki banyak kebiasaan yang bisa membuat mereka menjadi produktif. Rata-rata orang Jepang rajin dan pintar, bahkan menurut data Forbes.com, Jepang menduduki peringkat negara terpintar no 1, kemudian disusul oleh Switzerland, China dan UK. Bagaimana cara orang Jepang bisa menjadi peringkat tertinggi di dunia? Yuk, mari kita simak di bawah ini kebiasaan sehari-hari mereka.

1. Disiplin

Sumber: Reuters

Secara turun temurun orang Jepang sudah diajarkan menghargai waktu dan disipin contohnya waktu dalam bekerja dan antre. Mereka terbiasa berangkat terlebih dahulu jauh sebelum waktu masuk. Mereka juga disiplin dalam antre dalam hal apapun.

2. Selalu menjaga kebersihan

Sumber: GETTY IMAGES

Orang Jepang diajarkan untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan cara yang paling mudah, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Mereka selalu memastikan tidak ada sampah berserakan sebelum meninggalkan sebuah tempat. Dengan kebiasaan ini, air selokan di setiap kotanya tidak ada sampah dan sangat bersih sehingga bisa dijadikan tempat penampungan ikan koi yang membuat kota tersebut jadi bersih dan indah.

3. Memilih menggunakan transportasi umum

Sumber: JAPAN 4K

Orang Jepang jarang sekali berangkat kerja menggunakan transportasi pribadi karena pajak kendaraan di Jepang lumayan mahal. Mereka terbiasa menggunakan angkutan umum karena dianggap lebih efisien dan juga lebih hemat dalam mengeluarkan uang. Tidak heran, kereta Jepang selalu ramai setiap harinya. Pelajar juga terbiasa menggunakan sepeda dibandingkan sepeda motor.

4. Hobi membaca buku

Sumber: Hipwee.com

Jepang terkenal dengan teknologinya yang canggih. Faktanya, telpon genggam atau tablet tidak boleh dipergunakan di sekolah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa handphone tidak selamanya dibutuhkan. Mereka terbiasa membaca buku di perpustakaan, angkutan umum, serta toko yang menjual makanan serta minuman.

5. Menjunjung tinggi kebudayaan dan tradisi

Sumber: GETTY IMAGE

Negara dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat ini masih menjunjung tinggi kebudayaan serta tradisinya walaupun masyarakat terbuka oleh tradisi dari barat.

Nah, itu dia sahabat deCODE kebiasaan hidup orang Jepang. Sangat inspiratif bukan? Banyak hal yang dapat kita ambil untuk dijadikan kebiasaan hidup kita sehari-hari agar kita semakin produktif.

Baca Juga : Rekomendasi Buku yang Wajib Dibaca untuk Para Muslimah

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Feronika+Laura+Wulandari”]Penulis: Feronika Laura Wulandari[/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Nisrina+Nurhaliza”]Editor: Nisrina Nurhaliza[/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *