Pandemi virus Corona tidak menghalangi kita untuk terus mencari hal–hal baru. Pada 29 Desember 2020, Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Al Azhar Indonesia bekerja sama dengan Pondok Pesantren Darul Quran Mulia mengadakan pengabdian masyarakat berupa webinar yang menyajikan tema menarik, yaitu “Belajar Komunikasi untuk Santri: Kreatif dalam Menghadapi Pandemi”.

Webinar diawali dengan pengenalan pembicara, lalu dilanjutkan dengan materi pertama berjudul “Communication Skills 101: The Art of Listening”. Materi ini membahas tentang ilmu dari mendengarkan yang dibawakan oleh Ibu Ruvira Aridita S.I.Kom., M.Si. Ibu Ruvira menyampaikan bahwa dalam kehidupan sehari–hari, kita seharusnya lebih sering mendengarkan daripada berbicara. Mereka yang memiliki prestasi akademik baik ialah mereka yang menjadi pendengar yang baik. Ibu Ruvira juga menjelaskan ilmu mendengarkan lainnya, seperti macam–macam mendengar, block of listening, dan lain sebagainya.

Sumber foto: Youtube Ilmu Komunikasi UAI

Kemudian, materi selanjutnya dibawakan oleh Ibu Dr. Kussusanti, M.Si yang berjudul “Personal Branding Para Santri Untuk meningkatkan Citra Pesantren di Era Digital”. Ibu Kussusanti menjelaskan bahwa semakin kuat nilai citra yang dimiliki seseorang, maka semakin besar peluang kita untuk dipilih. Personal Branding serupa dengan Product Branding, tunjukkan perbedaan yang kita miliki dibandingkan orang lain. Ibu Kussusanti juga menjelaskan kelebihan serta daya tarik yang harus dimiliki, seperti knowledge, hard skills, soft skills, attitude, dan sikap positif.

Materi terakhir berjudul “Public Speaking dan Komunikasi Publik untuk Sosialisasi Kegiatan Sekolah di Era Milenial” yang dibawakan oleh Ibu Soraya, S. Sos., M.Si. selaku dosen Universitas Al Azhar Indonesia. Ibu Soraya menjelaskan bahwa komunikasi adalah proses atau kegiatan dimana pembicara mengkonstruksikan atau membangun pesan atau argumen yang disajikan melalui pembicara untuk didengar. Kekuatan retorik atau public speaking mampu memengaruhi berbagai komunitas.

Ibu Soraya juga menambahkan bahwa tujuan dari komunikasi publik ialah menyampaikan ide atau gagasan dan informasi, positive image, mendorong, memotivasi, serta mengontrol anggota atau audience untuk mau menerima pesan.

Jika kamu yang tertarik untuk melihat materi–materi tersebut, siaran ulangnya dapat kamu saksikan melalui Youtube resmi Ilmu Komunikasi UAI dengan judul “Webinar Series #3 Ilkom UAI – Belajar Komunikasi untuk Santri: Kreatif dalam Menghadapi Pandemi”, atau melalui link berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=D8lf4lyrBPM

Author: Erika Juana Putri Editor: Zalzabillah Ullyl Albi