Halo Sahabat deCODE! Kalian tahu acara Taman Karya 2017 kemarin kan? Acara yang digelar 30 September lalu dan merupakan program kerja (proker) Komik 2016-2017 itu, berjalan sukses. Tapi masih ada satu keseruan lagi sebagai kegiatan penutup. Apa itu?

Charity! Ya, charity. Jadi, Panitia Taman Karya 2017 menyerahkan dana sisa kegiatan untuk kegiatan amal. Selasa (5/12/2017) siang, mereka menyerahkan bantuan itu, selain berbincang-bincang tentu, kepada perwakilan penghuni Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 4, Jakarta Selatan.

Sebenarnya, pada hari H acara Taman Karya 2017, charity dilakukan bersama anak-anak PG Paud Melati Putih. ”Tapi kali ini, karena ada kelebihan hasil usaha kami mencari dan mengumpulkan dana, maka kami serahkan kembali kepada yang lebih berhak. Ini sekalian menjadi usaha kami untuk terus belajar, melatih kepekaan. Intinya, belajar lah,” Rizky Maulana, Ketua Panitia Tamkar 2017.

Sebagaimana diketahui, Tamkar adalah program Komik dari tahun ke tahun yang berkonten seni dan kreativitas. Acara diisi dengan workhsop kreativitas, performance dan pameran singkat. Tahun ini, Tamkar digelar di luar kampus dan melibatkan pihak luar, seperti anak-anak PAUD.

”Nah, itu kan sudah selesai. Tapi karena masih ada yang bisa kita bagi, maka kita serahkan ke Panti Jompo,” kata Kiky, panggilan Rizky Maulana.

Berlokasi di Jalan Margaguna No. 1 Radio Dalam Kelurahan Gandaria Selatan, Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 4 merupakan Unit Pelaksana Teknis Bidang Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Sebagai lembaga pelayanan masyarakat, PSTW Budi Mulia 4 adalah lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya untuk kaum lanjut usia yang tidak mampu atau kurang beruntung dengan sumber dana APBD Provinsi DKI Jakarta. Kaum lansia di Panti Sosial Tresna Werdha ini memilki jumlah total 280 orang dengan kisaran usia 60 tahun keatas.

Kunjungan Panitia Tamkar 2017 ke Panti, juga ditemani Badan Pengurus Harian (BPH) Komik 2016-2017. Sejumlah bingkisan disiapkan dan diserahkan kepada mereka. Kiky, dan kawan-kawan juga larut dalam obrolan dan canda tawa dengan sejumlah lansia.

”Mungkin yang kita kasih nggak seberapa. Tapi kan, berkunjung aja sudah merupakan bentuk perhatian. Semoga bermanfaat,” kata Kiky.

Reporter: Galih Perdana | Fotografer: Sherly Ayu Ravenika