Keluarga Mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (KMFISIP) Universitas Al-Azhar Indonesia telah melaksanakan kegiatan Fisip Berbakti 2021 pada 9-11 Desember 2021. Bertempat di Desa Cibunian, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, acara Fisip Berbakti ini mengusung tema “Mengembangkan Sikap  Masyarakat yang Adaptif dan Innovatif dalam Menghadapi Pandemi”.

Dalam situasi pandemi sekarang Fisip Berbakti atau FIBER mengembangkan tema dengan memiliki tujuan mengembangkan masyarakat melalui 3 konsep yaitu, Pendidikan, Ekonomi, dan lingkungan. Kegiatan FIBER berfokus membina sebuah desa, lingkungan dan elemen desa yang bisa dikembangkan.

Dalam kegiatan Pendidikan, FIBER memberikan edukasi kepada anak-anak di Desa dengan meningkatkan literasi agar anak-anak menyukai membaca buku dan membagikan buku. Tidak hanya membaca buku tetapi dalam kegiatan tersebut mereka juga menonton film bersama yang bertema edukasi.

Tidak hanya memberikan pembelajaran akademik, tetapi FIBER juga memberikan edukasi di bidang non-akademik. Pembahasan mengenai “pentingnya wajib belajar 12 tahun”. Tidak hanya itu, kegiatan FIBER memberikan pelatihan berbicara adi depan umum atau public speaking dengan tujuan meningkatkan kepercayaan diri kepada siswa-siswi di SDN Cibunian.

Lalu, dalam kegiatan Ekonomi, kegiatan FIBER membantu perekonomian masyarakat Desa Cibunian. Kegiatan tersebut memberi penyuluhan mengenai manfaat bambu yang dapat dijadikan mata pencaharian warga desa Cibunian, seperti menjadi kerajinan tangan yang dapat dijual ke berbagai tempat.

Dalam kegiatan FIBER tahun ini juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Dengan memberikan edukasi kepada masyarakat Cibunian tentang pentingnya kesadaran diri dalam menjaga lingkungan. Serta melakukan dari hal kecil seperti membuang sampah ditempatnya, memilah sampah organic dan non organic dan yang bisa didaur ulang.

Sahabat deCODE, dalam kegiatan Fisip Berbakti, juga terdapat acara Pre-event yang dilaksankan pada 3-4 Desember 2021. Kegiatan yang dilakukan selama dua hari adalah merenovasi lapangan SD Muara 01 dan memasang lampu LED di sepanjang jalan di RW 17 dan merapikan rak-rak buku agar semakin tertata baik dan siswa-siswi dapat belajar dengan baik.

Kita sebagai generasi penerus bangsa, mari berkontribusi dalam kegiatan bermasyarakat. Salah satunya dengan pengabdian masyarakat.

Penulis: Muhammad Revanza Editor: Nur Endah Widowati