Hallo, sahabat deCODE! Bagaimana kabar Anda? Semoga sehat selalu dan semoga wabah ini cepat usai. Aamiin. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan review jurnal, yang berjudul “Psikologi sosial dan COVID-19: Apa yang dapat diceritakan oleh lapangan tentang perilaku dalam pandemi”. Jurnal tersebut ditulis oleh Brian P. Meier (Universitas Gettysburg), Corey L. Cook (Universitas Lutheran Pasifik) & Kate Faasse (Universitas New South Wales) yang diterbitkan online pada tanggal 26 Juli 2021.

Di dalam jurnal ini, berisi mengenai pandemi COVID-19 bagi seluruh kehidupan di dunia, serta dampak pandemi pada perilaku sosial. Tidak lupa juga, pandemi meningkatkan kasus cyberbullying; interaksi antarkelompok Hitam-Putih lebih kompetitif dan diskriminatif; mungkin juga mengurangi sikap dan bias negatif pada siswa domestik versus internasional di AS; dan pandemi mungkin telah memungkinkan perasaan tidak berdaya menyediakan mekanisme pengurang rasa takut.

Psikologi sosial sendiri dapat digunakan untuk membantu meningkatkan perilaku bermanfaat selama pandemi, seperti penggunaan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, pengambilan vaksin, dan lain-lain., dan para peneliti telah meneliti bagaimana faktor psikologis sosial mempengaruhi perilaku penting tersebut dalam konteks COVID- 19.

Terdapat dua bidang luas juga yang dibahas dalam jurnal ini, yaitu dampak ancaman pada hubungan sosial dan perilaku yang berhubungan dengan kesehatan. Di kedua bagian ini, kami membahas bagaimana pandemi dapat mempengaruhi perilaku dan bagaimana psikologi sosial dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku dalam domain ini.

Bagaimana sahabat deCODE? Cukup menarik kan? Yuk, langsung saja membaca e-book dan membuka link setiap berita untuk membaca artikel yang selengkapnya. Dengan begitu, Anda akan menambah wawasan baru, lho!

Berikut link jurnalnya:

https://doi.org/10.1080/00224545.2021.1935830

Baca juga:

Tips Hidup Lebih Baik dan Tertata di Tahun 2022

Tiga Berita Terbaru dari Negara Perancis

Yuk, Baca Permasalahan Fiqih Terkait Corona!

Penulis: Bagus Raffiyanda Yuwono Editor: Puji Tri Lestari