Ada kabar gembira bagi kamu yang menyukai travelling dengan menggunakan kereta api! Kini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi meluncurkan Kereta Api (KA) Argo Parahyangan Priority dengan rute Gambir – Bandung (PP) pada Jumat, 9 Maret 2018.

Sebelumnya, layanan kelas priority seperti ini, hanya bisa dilayani dengan sistem sewa satu gerbong atau lebih. Namun, sejak tahun 2017 kereta kelas ini sudah mulai melayani secara reguler/perorangan setiap akhir pekan pada rangkaian KA Argo Lawu, Sembrani, Bangunkarta dan Argo Sindoro. Hingga, mulai 9 Maret kemarin, kelas priority ini sudah bisa dinikmati pada rangkaian KA Argo Parahyangan juga.

Jika kamu ingin merasakan sensasi perjalanan wisata dengan nyaman dan ekskusif, kamu bisa memesan tiket kelas ini melalui beberapa cara, yaitu bisa melalui aplikasi KAI KA Access, layanan online travel, mitra agen resmi KAI dan juga pembelian on the spot di stasiun keberangkatan.

Rangkaian KA Argo Parahyangan memiliki kapasitas 28 penumpang. Salah satu gerbong priority yang digandengkan dengan rangkaian KA Argo Parahyangan ini, hanya ada pada jam keberangkatan tertentu.

Layanan kelas priority ini, tersedia di perjalanan KA Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung dan juga sebaliknya, yaitu:

  • KA 19 Relasi Bandung – Gambir pukul 05.00 WIB
  • KA 22 Relasi Gambir – Bandung pukul 08.45 WIB
  • KA 25 Relasi Bandung – Gambir pukul 14.45 WIB
  • KA 28 Relasi Gambir – Bandung pukul 18.45 WIB

Pada perjalanan ini, penumpang harus membayar Rp 200.000 per orang sekali jalan dengan rute Gambir- Bandung atau sebaliknya. Selama 3 jam 20 menit, perjalanan Jakarta – Bandung penumpang di KA Argo Parahyangan kelas Priority ini akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas mewah. Fasilitas yang didapatkan, sebagai berikut:

1. Bangku dengan ruang kaki yang luas, disertai dengan bantal

2. Video on demand (VOD) di setiap bangkunya

3. Snack yang diberikan secara gratis

4. Power Socket /Stop Kontak

5. Mini bar, free flow kopi dan teh

6. Bagasi yang luas

7. Toilet super mewah dan lega

8. Crew khusus untuk melayani penumpang kelas priority

Selain itu, terdapat fasilitas lainnya yang didapatkan seperti free wifi on train, meja portable di setiap bangkunya, dan juga LCD TV 52 Inch.

Pelayanan yang diberikan oleh PT. KAI ini tentu semakin menambah pilihan aksesibilitas bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota Bandung dan sekitarnya. Pada saat ini, KA Argo Parahyangan juga terus menjadi pilihan bagi para traveller sebagai salah satu solusi untuk menembus kemacetan lalu lintas antara Jakarta-Bandung dalam beberapa tahun terakhir ini.

Bagaimana sahabat deCODE? Tertarik untuk mencoba? Semoga berkesempatan untuk mencoba ya!

Reporter: Sherly Ayu | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana