Banyak cara untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Salah satunya adalah dengan menghadiri acara Happiness Festival. Acara ini berlokasi di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Happiness Festival ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 31 Maret sampai dengan 1 April 2018. Acara dimulai dari pukul 07.00 hingga 20.00. Acara ini terselenggara di bawah naungan Bappenas dan UN SDSN yang berkolaborasi dengan Project Semestra United in Diversity.

Tujuan diadakannya Happiness Festival merupakan bentuk inisiatif dan ide bersama dari komunitas, pelaku bisnis dan juga pemerintah yang bertujuan mengajak masyarakat untuk bisa merasakan 3 cara menjadi bahagia. 3 cara tersebut diantaranya dengan mengharmonisasikan hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan ekologikal dan manusia dengan spiritual.

Menurut Isra, selaku koordinator lapangan, mengatakan bahwa festival ini diadakan bertepatan dengan International Happiness Day yang diperingati pada tanggal 20 Maret setiap tahunnya. Ia berharap dengan adanya Happiness Festival, bisa mengajak masyarakat lebih peduli lagi dengan alam.

“Kita juga pengen mengkampanyekan masyarakat untuk lebih kenal ataupun familiar dengan istilah dimana kita hidup bisa lebih peduli dengan alam, lingkungan, lebih bertanggung jawab apa yang kita konsumsi apa yang kita produksi,” ujar Isra saat ditemui di Happiness Festival.

Happiness Festival merupakan acara tahunan. Perbedaannya dari tahun lalu ialah acara tahun ini, digarap dalam bentuk festival dan perdana digelar di Indonesia. Meskipun baru pertama kali, Happiness Festival berlangsung seru karena pada acara ini terdapat market place yang menjual kurang lebih 60 produk. Mulai dari makanan, minuman, totebag, buku, baju, kain etnik, hingga barang daur ulang yang terbuat dari sampah plastik.

“Tahun lalu kita pernah mengadakan di car free day tapi bentuknya bukan festival, jadi cuma di car free day setengah hari saja. Tahun ini kita dua hari jadi lebih rame, lebih banyak kegiatan dan jenis-jenis aktivitas,” tambah Isra.

Selain market place, keseruan Happiness Festival ini juga tak luput dari kegiatan dan aktivtas lainnya seperti music performance, dance, dan juga kegiatan komunitas seperti dialog, diskusi, yoga, meditasi, permainan tradional, hingga workshop untuk pembuatan lipblam, skincare, kreasi kerajinan dari bambu, kemudian ada juga yang bikin home cycle fashion, berbagai terrarium untuk anak kecil dan masih banyak lagi.

Reporter: Riska Fitria | Editor: Nadhira Aliya Nisriyna & Galih Perdana