Menjadi pemimpin di sebuah organisasi bukanlah hal yang mudah, setuju gak sahabat deCODE? Namun, menjadi kebanggaan sendiri kalau kalian bisa memimpin suatu organisasi. Salah satu mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia berkesempatan untuk menjadi Presidium Nasional FKMHII Korwil II, yaitu Muhammad Wicaksono.

Ia adalah mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia prodi Hubungan Internasional. Aktif mengikuti berbagai kegiatan baik di dalam maupun luar kampus, ia juga mendapat gelar mahasiswa berprestasi pada tahun 2018 kemarin dan sekarang yang lagi happening banget nih beritanya adalah terpilih menjadi Presidium Nasional FKMIHII wilayah Korwil II. Wow, selamat ya Wicak!

Sahabat deCODE pasti ada yang bingung sebenernya ‘FKMHII’ itu apasih? Hmm.. FKMHII adalah singkatan dari Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia, Alhamdullilah Wicaksono sendiri mendapat amanah untuk menjadi Presidium Nasional FKMHII Korwil II yang meliputi 20 Universitas baik negeri maupun swasta di wilayah Jabodetabek.

Ditemui di ruangan laboraturium hubungan internasional, Wicaksono berbagi pengalaman dan bercerita tentang bagaimana ia mengemban amanah menjadi Presidium Nasional FKMHII Korwil II. “Saya ikut pertama kalinya pada acara pertemuan nasional FKMHII di riau, waktu itu saya diajak oleh Yudan, dia kakak kelas saya pada waktu saya masih maba” ceritanya kepada Tim Redaksi deCODE Magazine.

Awalnya, ia hanya sekedar untuk mendapat ilmu tambahan karena ia merasa jika hanya belajar dari dalam kampus itu sangat kurang, oleh karena itu Wicaksono banyak aktif dalam mengikuti pertemuan nasional dan mempunyai banyak link atau hubungan baik dengan mahasiswa HI tentunya.

Wajah baru Presidium Nasional FKMHII korwil II

Sumber foto: Instagram.com/Wicaksono08

“Sebelum saya menjabat sebagai ketua FKMHII, saya terlebih dahulu menjadi ketua KOMAHI lalu saya masuk menjadi anggota FKMHII, awalnya gak kepikiran untuk maju sebagai kandidat PresNas” katanya lagi. Berkat dorongan dari berbagai pihak, akhirnya Wicaksono berani untuk maju sebagai kandidat Presidium Nasional FKMHII Korwil II. Namun, yang paling utama memacu dirinya siap maju sebagai kandidat adalah karena salah satu mahfudzot yaitu sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Perihal tentang Tugas sebagai PresNas, ia pun bercerita tentang keinginannya selagi menjabat PresNas, banyak sekali proker-proker yang ingin di jalankan olehnya terutama Wicaksono ingin memudahkan kordinasi blok-blok antara kampus di bawah wilayah Korwil II dan ingin lebih meselaraskan himpunan dari masing masing universitas anggota Korwil II agar memajukan mahasiswa HI se-Indonesia ini.

Wah, kayaknya seru banget ya sahabat deCODE menjadi Presnas FKMHII, selain mendapat banyak kenalan kita juga bisa belajar banyak dari setiap pertemuan yang pastinya bermanfaat untuk kedepannya. Selain bercerita pengalaman, Mahasiswa berprestasi ini pun berbagi tipsnya bahwa kita harus mengambil kesempatan dari apapun yang ada, karena waktu tidak bisa di ulang dan harus pintar-pintar mencari kesempatan.

Gimana sahabat deCODE? Sangat inspiratif ya sosok PresNas baru kita! Dalam setiap kegiatan yang kita lakukan jangan cepat mengeluh ya, karena di setiap kesusahan pasti akan ada kemudahan. Sekali lagi selamat ya untuk Muhammad Wicaksono, semoga bisa amanah dalam menjalankan tugasnya dan turut membuat Universitas kita semakin maju kedepannya!

Editor: Nur Syifa Buchis