Hari yang indah bersamaan dengan suasana hati yang bahagia. Terlihat senyum dan tawa terpancar dari wajah wisudawan dan keluarga. Perjuangan yang tak singkat akhirnya sampai pada tujuannya. Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) menggelar wisuda ke-20 tahun akademik 2019-2020 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, 2 Februari 2019. Dalam acara ini sebanyak 298 mahasiwa dari berbagai fakultas telah diwisuda, dan di antaranya terdapat 53 mahasiswa yang mendapatkan gelar cumlaude.

Wisuda UAI ke-20 ini dihadiri Drs. Sobirin HS (Ketua Umum Yayasan Pesantren Islam Al Azhar), Dr. Ir. Iillah Sailah, MS (Koordinator Kopertis Wilayah III), Livi Zheng (Sutradara Film asal Indonesia) dan Jusman Syafii Djamal (Komisaris Utama PT Garuda Indonesia) serta para Guru Besar. UAI pun mendapat kehormatan khusus dengan hadirnya Dr. Bima Arya Sugiarto, Walikota Bogor yang menyampaikan orasi ilmiah mengenai “Pemerintahan Millenial.”

Di wisuda ke-20 ini, mahasiswa Fakultas Hukum, Program Studi Hukum Angkatan 2014, Nuraemy Firdaus, terpilih sebagai wisudawan terbaik se-Universitas. Ia memperoleh IPK 3,87 sehingga lulus dengan predikat cumlaude. Semasa kuliah, Nuraemy aktif mengikuti berbagai organisasi dan paper competition.

Selain itu juga ada wisudawan terbaik yang mewakili Fakultas masing-masing. Berikut nama wisudawan terbaik:

  1. Nuraemy Firdaus dari Fakultas Hukum, Prodi Ilmu Hukum;
  2. Nikmatun Aliyah Salsabila dari Fakultas Sains dan Teknologi, Prodi Teknik Informatika;
  3. Arief Laksono Putro dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prodi Ilmu Komunikasi;
  4. Syarifah Nur Fadhila dari Fakultas Psikologi dan Pendidikan, Prodi PG PAUD;
  5. Liza Nanda Haryoto dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Prodi Sastra Jepang;
  6. Tiara Asprilia Nabilla dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen;
  7. Andri Sutrisno dari Fakultas Hukum, Program Studi Magister Ilmu Hukum.

Dalam wisuda tahun ini Rektor UAI, Prof. Dr. Asep Saefuddin, M.Sc, menyampaikan pidato mengenai “Peran Perguruan Tinggi dalam menghadapi revolusi industri 4.0”. Pada kesempatan ini pula, UAI kembali menyelenggarakan UAI Alumni Award 2019. Alumni Award tahun ini diberikan kepada beberapa alumni berprestasi yang mewakili masing-masing Fakultas yang terdapat di UAI. Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan UAI kepada para alumni UAI atas dedikasi, pencapaian, dan kontribusi bagi masyarakat.

Melepas status mahasiswa memang membutuhkan perjuangan hebat. Namun, setelah kau melepasnya masih ada tantangan baru di depan sana. Jadilah manusia hebat yang membangun Indonesia menjadi lebih baik. Hidup mahasiswa!

Reporter: Siti Masitoh Editor: Novia Aprilia Hermawan