Musik ala kerajaan Eropa menggema lembut di Lobby Universitas Al Azhar Indonesia. Lalu lalang manusia terlihat lebih ramai dari biasanya. Banyak meja tersusun rapih dari mulai halaman depan sampai dengan bagian dalam Lobby

Promoting The Role of Youth in ASEM Day's 2019
Foto: Gani Kamaludin

Asian Europe Meeting Forum atau lebih dikenal sebagai ASEM Forum hari ini hadir menyapa para civitas Universitas Al Azhar Indonesia dengan program ASEM DAY’S. 

ASEM DAY’S merupakan acara kerja sama antara ASEM Forum bersama Kementrian Luar Negeri untuk memperkenalkan aspek pariwisata, budaya, sampai dengan prospek pendidikan di negara-negara Asia dan Eropa. 

Acara yang berlangsung pada 27 Maret 2019 dari pukul 10.30 sampai dengan 15.30 ini dihadiri oleh beberapa pejabat dari ASEAN dan juga Kementrian Luar Negeri. 

ASEM DAY’S menyajikan serangkaian kegiatan-kegiatan menarik seperti stand bazar, talkshow, kuliner gratis dari berbagai macam negara partisipan, dan juga penempalian kebudayaan dari negara Korea, India dan Vietnam. 

Talkshow ASEM DAY’S dihadiri oleh deretan pembicara ternama seperti H.E. Mr. Karsten Warnecke selaku Executive Director Asian Europe Foundation, H.E Mr. Vincent Geurend selaku Ambassador of European Union to Indonesia and Brunei Darussalam, Vania Santoso selaku ASEF Young Leader’s Summit 2018 Participant From Indonesia, Yasmi Adriansyah selaku dosen program studi Hubungan Internasional. 

20 stand bazar diisi oleh delegasi atau Kedutaan Besar dari negara-negara Asia dan Eropa menghiasi pelataran diserbu dengan antusias oleh para civitas. Stand bazar tersebut menyediakan informasi-informasi mengenai kebudayaan,  pariwisata dan program beasiswa di negara mereka masing-masing. Tidak hanya itu, beberapa stand pun memberikan mini games untuk memeriahkan acara ini.

Acara ini merupakan sebuah tolak ukur Universitas Al Azhar Indonesia di kancah Internasional, baik Eropa maupun Asia, contohnya dalam hal acara ASEM DAY’s ini.

Reporter: Nia Aulia Editor: Nur Syifa Buchis