Satu persembahan terkemuka dari prodi Hubungan Internasional Universitas Alazhar Indonesia kembali terlaksana pada 19 Agustus 2019 lalu. Persembahan yang mengangkat salah satu isu penting di Indonesia.

Kesehatan. Dalam hal ini di gadang-gadang menjadi isu penting selain pendidikan untuk meningkatkan taraf hidup manusia dalam sebuah negara bahkan di dunia. Karena tanpa kesehatan yang layak dan sesuai aturan hidup bersih serta sehat mungkin dunia ini akan runtuh di kuasai oleh virus dan bakteri.

Ibu Pretty Multihartina, Ph.D Kepala Pusat Analisis Determinan kesehatan dan Ibu Dr. Dewi Inong Irana, SpKK berkesempatan untuk hadir dalam acara ini. Global Health Security Agenda atau yang lebih dikenal sebagai GHSA merupakan suatu program perencanaan (agenda) yang pertama kali di usulkan oleh negara Amerika Serikat.

GHSA sendiri merupakan suatau upaya pencegahan agar penyakit- penyakit pandemi tidak cepat menular ke seluruh negeri. Namun untuk negara Indonesia, GHSA akan di laksanakan pada tahun 2024.

Penyakit pandemi merupakan penyakit menular dan mewabah. Asal muasal pandemi ini beraneka ragam mulai dari virus seperti Ebola, Influenza, H5n1 ( virus babi). Gawatnya penyakit ini bisa merenggut nyawa secara masal di suatu wilayah, apabila tidak ditangani secara serius.

Selain membahas mengenai macam-macam virus pandemi. Dalam acara ini di jelaskan mengenai IMS ( Infeksi Menular Seksual). Di Indonesia sendiri ternyata penyakit ini terus meningkat secepat kilat. “Dan usia-usia yang mengidap penyakit ini sekitar usia 20-40 merupakan bibit untuk memajukan bangsa ini. IMS lebih banyak terjadi oleh laki-laki di banding perempuan dengan perbandingan 2:1. Paling banyak di sumbangkan oleh orang-orang transgender (LGBT).” jelas bu Dr. Dewi Inong Irana, SpKK.

Dengan adanya acara ini diharapkan mampu membuka wawasan masyarakat yang lebih baik mengenai kesehatan, karena hal tersebut merupakan ancaman keamanan terbesar tanpa senjata ujar Bilal Barley selaku wakit ketua pelaksana.

Reporter : halimah saadiyah. Editor: Nur Syifa Buchis