deCODE

Webinar: Kontestasi Literasi Digital dan Budaya Digital

Webinar Kontestasi Literasi Digital dan Budaya Digital

Universitas Al Azhar Indonesia mengadakan seminar online yang diselenggarakan secara virtual pada (10/12/2021). Acara yang dimulai pada pukul 13.30 WIB diawali dengan sambutan oleh Rektor Universitas Al Azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc,. Beliau mengharapkan acara yang diselenggarakan Kemenkominfo bersama Siberkreasi dapat memberikan pencerahan khususnya kepada masyarakat akan pentingnya literasi digital. Baik dari Dirjen Kemenkominfo maupun dari para narasumber.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI, Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. sebagai keynote speaker turut menyampaikan sambutannya kepada seluruh partisipan yang hadir dalam webinar pada Jumat siang kemarin.

Webinar Kontestasi Literasi Digital dan Budaya Digital

Sumber : Reporter deCODE

“Kehadiran teknologi yang berkembang pesat di masyarakat mempertegas bahwa saat ini kita sedang menghadapi era disrupsi teknologi. Untuk menghadapi era tersebut, pemerintah beserta seluruh lapisan masyarakat harus mempercepat kerja sama dalam mewujudkan agenda transformasi digital Indonesia,” ujarnya.

Salah satu pilar penting dalam mendukung terwujudnya agenda tersebut adalah menciptakan masyarakat digital, di mana kemampuan digital literasi masyarakat memegang peranan penting di dalamnya.

“Literasi digital merupakan kunci dan pondasi utama yang harus dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat. Pemerintah dalam hal ini, Kemenkominfo dengan Siberkreasi berkomitmen untuk melakukan upaya meningkatkan literasi digital masyarakat melalui berbagai macam kegiatan dengan tujuan memfasilitasi serta mendorong terwujudnya masyarakat digital Indonesia,” sambungnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Siberkreasi menggalakkan kegiatan bernama Gerakan Nasional Literasi Digital yang turut menggandeng Universitas Al Azhar Indonesia dalam mewujudkan kegiatan Indonesia Makin Cakap Digital.

Lembaga-lembaga instansi pemerintah dan swasta turut menghadiri webinar oleh Kemenkominfo dengan Siberkreasi. Internal sivitas Academia serta beberapa kampus lain yang berasal dari luar Jabodetabek turut menghadiri webinar ini. Peserta yang hadir tercatat mencapai lebih dari lima ratus partisipan yang diketahui berasal dari Bandung, Sukabumi, Banten, Yogyakarta, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, serta dari beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Kegiatan ini adalah bentuk implementasi perjanjian kerja sama antara Fakultas Ilmu Sosial dam Ilmu Politik Universitas Al Azhar Indonesia dengan Kemenkominfo RI 2021 yang menjadi bagian dari road show kegiatan Indonesia Cakap Digital, yaitu program nasional Kominfo dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pusat Kajian Ilmu Komunikasi UAI bekerjasama dengan Kominfo RI dan Siberkreasi.

Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD)  menjadikan kegiatan ini sebagai bagaian dari usaha untuk merealisasikan Indonesia Digital Nation , dengan  empat pilar, mencakup digital skills, digital culture, digital ethics, dan digital safety. Kegiatan ini menjadi wujud sinergi tiga elemen utama Indonesia Digital Nation, yaitu pemerintah, dunia pendidikan, dan masyarakat sipil.

Dalam upaya meningkatkan literasi digital masyarakat, webinar yang diselenggarakan Universitas Al Azhar Indonesia beserta Kemenkominfo dengan Siberkreasi turut mengundang beberapa narasumber untuk menyampaikan empat pilar dalam merealisasikan Indonesia Digital Nation. Beberapa narasumber tersebut antara lain Yuri Alfrin Aladdin, dosen Universitas Al Azhar Indonesia, pegiat media, yang memaparkan materi terkait Digital Skills. Pembicara lainnya adalah Wildan Hakim, dari Pusat Kajian Ilmu Komunikasi UAI yang memaparkan materi Digital Culture, serta Soraya Fadhal, dosen Prodi Ilmu Komunikasi UAI yang juga anggota Jaringan Pegiat Literasi Digital, yang memaparkan materi Digital Ethics. Acara ini ditutup dengan paparan materi dari staf ahli Kemenkominfo, Donny BU yang memaparkan materi tentang Digital Safety.

Webinar Kontestasi Literasi Digital dan Budaya Digital

Sumber : Reporter deCODE

Acara ini menjadi penutup dari beragam kegiatan Indonesia Cakap Digital Kominfo sepanjang tahun 2021. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi sangat positif dari pihak Kominfo dan peserta acara yang berasal dari berbagai instansi dan kelompok masyarakat, seperti dari kalangan internal sivitas akademika UAI, dari berbagai kampus di Indonesia, instansi pemerintah dan Pemerintah Daerah.  

Baca Juga :

Jangan Sampai Ketinggalan! Rekomendasi Webinar 4 Desember 2021!

Webinar PRENEURTALK “Pandemi Momentum Kebangkitan UMKM”

Penulis: Muhammad Faqih Erbara Editor: Nur Endah Widowati

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *