Universitas Al Azhar Indonesia telah mengadakan workshop majalah yang mencakup jurnalistik dan media pada Sabtu, 9 Desember kemarin pukul 09:00 – 12:00 WIB. Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai jurusan di UAI.

Jurnalisme Nan Tak Kunjung Padam, sebagai tema workshop jurnalistik yang dibawakan oleh Ade Alawi. “Jika kelak kalian ingin menjadi seorang jurnalistik, kalian harus mempunyai tiga kemampuan. Yaitu memiliki kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor,” terang Kepala Divisi Content Enrichment Media Indonesia itu.

Selain itu, materi mengenai jurnalistik juga dibawakan oleh Nanang Haroni. Mantan Jurnalis tersebut menerangkan berbagai macam berita yang terdiri atas Straight News, Hard News, Soft News, dan juga Feature News.

“Jika ingin membuat berita, maka gunakanlah piramida terbalik, yaitu mengurutkan informasi dari berita yang paling penting di urutan atas hingga informasi yang tidak terlalu penting di urutan bawah.” jelas dosen Ilmu Komunikasi di ruang Lab TV UAI.

Selain workshop jurnalistik, UAI juga mengadakan workshop Media di Lab Desain Grafis dengan tema Pengenalan Software untuk Layout & Dasar-dasar Layout / Desain Suratkabar / Majalah. Workshop tersebut yang dimulai pada pukul 13:00 – 18:00 WIB. Peserta diajarkan untuk membuat layout koran dan juga layout majalah dari aplikasi Photoshop.

“Ternyata ikut workshop ini berguna banget yah. Gue selangkah lebih maju deh ikut beginian.” kata mahasiswa UAI. Selain pembekalan materi dan praktek, peserta juga diberikan tugas oleh mentor majalah untuk membuat berita seputar kegiatan di kampus atau acara-acara diluar kampus Universitas Al Azhar Indonesia. Selama beberapa bulan ke depan, peserta akan memasuki masa inkubasi untuk membuat suatu project yang ditentukan oleh Nanang Haroni, sebagai mentor. Harapan dengan diadakannya Comrade Majalah ini yaitu dapat melihat peserta-peserta yang memiliki keinginan dan inisitaf yang tinggi dalam pembuatan majalah.

Reporter: Sherly Ayu Revenika | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana