Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMIK) Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) telah sukses menggelar acara Traditional Dance Competition (TRADCO) yang diselengarakan pada 21 April 2018 di Auditorium Arifin Panigoro, UAI, Jakarta.

Traditional Dance Competition merupakan acara yang baru dilaksanakan tahun ini. TRADCO 2018 mengangkat tema “Warisan Tanah Aceh” dengan harapan agar kita bisa tetap melestarikan budaya tradisional. Maka dari itu, TRADCO mengadakan perlombaan Tari Saman di tahun pertamanya.

Hadir Pertama Kali, TRADCO 2018 Sukses!

Foto oleh Hermita Tri

Dengan memiliki tagline Bangkitkan Jiwa Mudamu, Lestarikan Budaya Nasional, TRADCO 2018 dilombakan khusus untuk siswa-siswi SMA Jabodetabek. Ada sebanyak 11 SMA yang berhasil tampil pada puncak acara, yaitu

  1. SMAN 46 Jakarta
  2. SMAN 63 Jakarta
  3. SMAN 60 Jakarta
  4. SMA Al Azhar BSD
  5. SMAN 47 Jakarta
  6. SMAN 16 Jakarta
  7. SMAN 3 Tanggerang Selatan
  8. SMAN 6 Tanggerang Selatan
  9. SMAN 11 Tanggerang Selatan
  10. SMAN 9 Tanggerang Selatan
  11. SMAN 1 Tanggerang Selatan

TRADCO 2018 dibuka dengan pembacaan ayat suci Al–Qur’an oleh Hilmy dan Sherly, mahasiswa Ilmu Komunikasi UAI angkatan 2015, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua pelaksana acara, Mochammad Iqbal. Sambutan lainnya pun datang dari Kaprodi Ilmu Komunikasi, yaitu Alma Mandjusri. Acara semakin meriah dengan penampilan Tari Betawi oleh mahasiswa Ilkom UAI sebagai pembukaan.

Hadir Pertama Kali, TRADCO 2018 Sukses!

Penampilan Tari Betawi sebagai pembukaan | Foto oleh Hermita Tri

Setelah selesai dengan penampilan pembuka yang menakjubkan dari mahasiswa-mahasiswi Ilkom UAI, TRADCO memasuki acara inti, yaitu perlombaan Tari Saman yang dibuka oleh SMAN 46 Jakarta.

Penampilan pertama ini membuka acara TRADCO dengan sangat energik dan antusias. Penilaian lomba dilihat dari kekompakan, kreatifitas, dan penampilan oleh para juri. Penonton pun terlihat antusias dan semangat dalam menyaksikan penampilan serta mendukung tim andalan mereka.

Bukan hanya perlombaan Tari Saman, TRADCO juga  menghadirkan bazaar kuliner yang berada di tenda biru UAI. Beberapa booth bazaar yang ada, yaitu Hop Hop Drink, Mie Aceh Nyak Lim, Kedai Garuda, Al Thai Tea, Taberu Bento, dan Neva’s Cake yang juga ikut serta memeriahkan TRADCO.

Semangat dan antusiasme yang tinggi dari para peserta TRADCO membuat acara tersebut sukses digelar dari pembukaan hingga pengumuman pemenang. Tetapi, sebuah acara yang sukses tetap tidak lepas dari satu-dua kendala, begitu pula yang terjadi di TRADCO. Bukan berada di pihak panitia, kesalahan atau kecelakaan ini terjadi pada salah satu peserta, yaitu salah satu peserta SMAN 16 Jakarta yang jatuh pingsan saat tampil.

Ketika diwawancarai oleh reporter deCODE mengenai hal tersebut, Laili mengkonfirmasi bahwa memang sedang tidak enak badan dan belum sempat sarapan. Dirinya juga membagikan kenyamanan yang ia rasakan dari acara TRADCO ini.

“Acaranya bagus, pelayanannya juga bagus, kakak-kakaknya juga baik-baik, penontonnya meriah, seru.”  ungkap Laili saat dimintai pendapatnya mengenai acara TRADCO.

Perlombaan berakhir pada pukul 15.30 dengan diumumkannya pemenang kompetisi lomba Juara 1 diraih oleh SMAN 46 Jakarta, juara 2 diraih oleh SMAN 3 Tanggerang Selatan, dan juara 3 diraih oleh SMAN 6 Tanggerang Selatan. Selamat bagi pemenang dan selamat juga para panitia atas kesuksesan acara TRADCO ini!

“Harapan saya, dan harapan Panitia semua dengan diadakannya Traditional Dance Competition ini kami bisa mengajak generasi muda semua untuk turut ikut melestarikan budaya yang ada di Indonesia.” ucap M. Iqbal dalam sambutannya di awal pembukaan TRADCO 2018

Semoga dengan acara ini sahabat deCODE dapat selalu membangkitkan jiwa muda kalian dan melestarikan budaya nasional ya!

Reporter: Novia Aprilia Hermawan | Fotografer: Hermita Tri | Editor: Sasya Semitari P & Galih Perdana