Communication Run (COMRUN) 2018 sukses digelar pada 6 Mei 2018 di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI). Acara ini merupakan acara yang rutin digelar setiap tahun oleh Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMIK) UAI. Pada tahun ini Comrun 2018 mengangkat tema “Charity Run For Diabets” dimana peserta lomba tidak hanya berlari tapi juga mereka beramal bagi para penderita diabetes, panti sosial yang akan didonasikan untuk acara ini adalah Panti Sosial Thresna Werdha Budi Mulia.

Comrun 2018 dibuka dengan sambutan ketua pelaksana acara yaitu Shavira Ramadhanty, lalu dilanjutkan sambutan dari Zainal Arifin, ketua KOMIK. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan penampilan dari band Ilkom UAI yaitu Project X selain itu ada penampilan lainnya dari band Event School ID yang merupakan band luar yang ikut berpartisipasi membuka acara dengan sangat meriah.

Selain mengadakan perlombaan lari untuk umum dan bisa diikuti oleh beragam usia dengan maksimum usia 60 Tahun. Acara ini membuka booth untuk mengecek gula darah yang dilakukan oleh beberapa anggota PMI, karena sangat penting bagi kita untuk mengetahui apakah kita mengidap diabetes sejak dini. Beberapa booth lainnya yaitu, K-Link yang menjual beberapa obat herbal dan juga bisa berkonsultasi mengenai kesehatan dan juga booth Simpati Loop.

Tepat pukul 06.15, peserta Comrun 2018 mulai berlari dengan rute yang dimulai dari area kampus UAI lalu berlari ke arah Senayan dan berputar ke arah Semanggi lalu kembali lagi ke UAI. Jarak yang mereka tempuh selama berlari adalah 5 kilometer. Pada Comrun tahun ini, para peserta berlari ditemani oleh salah satu influencer dan youtuber yaitu Ryan Berti menambah semangat para peserta untuk mengikuti acara sampai akhir.

Setelah selesai berlari, acara dilanjutkan dengan memberi donasi sebesar 10 Juta untuk penderita diabetes yang ada di Panti Sosial Thresna Werdha yang diwakilkan oleh pengurus panti sosial tersebut yang diberikan langsung oleh Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UAI yaitu Alma Mandjusri dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Comrun 2018 yang dibagi menjadi dua kategori yaitu; kategori Pria dan Wanita.

Pada kategori Wanita juara pertama diraih oleh nomor urut 128 yaitu Ruvira Arindita dan juara kedua diraih oleh nomor urut 002 yaitu Ajeng Patria Meilisa. Juara 2 Kategori ini saat waktunya pembagian hadiah tidak dapat hadir menjadikannya diwakilkan untuk penerimaan hadiahnya.

Pada kategori Pria juara pertama diraih oleh nomor urut 008 yaitu Lutfi Rizqy dan juara kedua dengan nomor urut 001 yaitu Hendar Muhammad. Hadiah yang didapatkan untuk pemenang adalah berupa uang tunai lho sahabat deCODE! Juara pertama mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 1.000.00 dan juara kedua mendapatkan uang tunai sebesar Rp, 750.00.

“Perasaanya seneng banget, biasanya saya sama suami saya ikut-ikut acara gapernah menang soalnya udah takut soalnya dipikirnya kan anak-anak muda nih yang ikut kalo ibu dosen ikut jangan sampai kalah jadi ada sedikit persiapan aja.” ungkap Ruvira Arindita, juara pertama kategori wanita saat diwawancarai mengenai perasaan mendapatkan juara pertama yang juga merupakan dosen Ilkom di Universitas Al Azhar Indonesia.

Berlari Sambil Beramal Bersama COMRUN 2018

Peserta-peserta dari COMRUN 2018

Acara ditutup dengan penampilan meriah oleh Skinnyfabs yang sudah ditunggu-tunggu oleh peserta lomba meskipun ada sedikit kendala keterlambatan tetapi semangat peserta tidak memudar. Selamat untuk Comrun 2018 atas keberhasilannya!

“Harapan untuk Comrun selanjutnya bisa mendapatkan tema dan konsep yang lebih menarik lagi, kalau bisa yang bener-bener bisa bermanfaat juga untuk masyarakat dan semoga acaranya bisa lebih besar, lebih sukses, lebih banyak juga yang ngikutinnya.” ucap Shavira selaku ketua acara Comrun 2018.

Reporter & Fotografer: Novia Aprilia Hermawan | Editor: Galih Perdana