Masa liburan semester ganjil segera berakhir. Tak terasa satu bulan lebih sudah mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia menjalani aktivitas tanpa perkuliahan. Senin, 11 maret 2019 esok akan menjadi hari pertama bagi para mahasiswa untuk kembali menjalani masa perkuliahan aktif di semester genap.

Sebagai langkah persiapan untuk menyambut awal semester baru, dosen prodi ilmu komunikasi mengadakan rapat internal pada 5 Maret 2019 pukul 10.00 – 13.30 di ruang 317A dan 317B Lt. 3 Universitas Al Azhar Indonesia.

Ada beberapa agenda yang dibicarakan dalam rapat, antara lain seperti : kebijakan regulasi pendidikan, sistem pendidikan, kalender akademik, sistem layanan pendidikan, penjelasan hak dan kewajiban dosen maupun mahasiswa, dll.

Menurut Ade Alawi rapat ini sangatlah penting bagi dosen pengajar tetap maupun tidak tepat karena menjadi pegangan sekaligus menjadi dorongan bagi para dosen untuk bisa memberikan motivasi agar meningkatkan kemampuan siswa baik secara kognitif, afektif, dan psikomotor.

Di samping beberapa agenda yang sudah disebutkan diatas, para dosen yang hadir mengaku menjadikan rapat seperti ini sebagai momentum untuk bertemu atau saling bersilahturahmi sekaligus untuk menyamakan bahasa, perspektif, serta metode pembelajaran sebagai seorang dosen mengenai pendekatan dan nilai-nilai seperti apa yang akan mereka sampaikan nantinya saat masa pembelajaran di mulai.

“Saya merasa rapat hari ini sangat penting urgensinya bagi para dosen prodi ilmu komunikasi karena proses pembelajaran tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri oleh dosen. Walaupun kelasnya berbeda-beda tapi filosiofi serta visinya tetap harus sama. Oleh karena itu pertemuan ini dilakukan” Ujar Soraya selaku salah satu dosen tetap di prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia.

Reporter: Nia Aulia Editor: Novia Aprilia Hermawan