April 25, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Workshop “Be Creative & Productive With UC News Short Video“ Dan Talk Show Bersama Alumni

3 min read
Workshop “Be Creative & Productive With UC News Short Video“ Dan Talk Show Bersama Alumni

Foto: Rizky Amelia

Jumat 12 Januari 2018, Universitas Al Azhar Indonesia bekerja sama dengan Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi mengadakan sebuah seminar sekaligus diskusi dan sharing mengenai tiga peminatan yang terdapat di Prodi Ilmu Komunikasi UAI. Workshop “Be Creative & Productive With UC News Short Video” menjadi salah satu acara yang memeriahkan diskusi pada Jumat itu.

Workshop ini ,mengundang tiga narasumber langsung dari Alibaba Group. Ketiga narasumber tersebut ialah Rizky Maulana sebagai Country  Manager of Short Video Division Alibaba UC Web Indonesia, kemudian Steno Ricardo sebagai Key Account Manager of Short Video Division – Alibaba UC Web Indonesia, dan terakhir Rizky Yan Zakiy sebagai UCers Jakarta.

UC Web merupakan sebuah perusahaan dari grup bisnis Alibaba, penyedia jasa perangkat lunak dan jasa internet mobile terkemuka sejak peluncurannya pada tahun 2004. Misi dari UC Web ialah untuk menyediakan pengalaman berseluncur di dunia internet mobile yang lebih baik bagi semua orang di seluruh dunia. UC Web ini mengajak para mahasiswa untuk mengeksplore kreatifitasnya.

“ Jadi kreatif sekaligus produktif, kapan lagi dengan mudah bisa dapet uang jutaan?” jelas Rizky Maulana sebagai Country Manager of Short Video Division.

UC Web mempunyai beberapa produk, di antaranya ialah UC Browser, UC News, 9APPS, dan UC Union. Selain itu, UC Web ini membuat salah satu program, yaitu We-Media. We-Media ini merupakan platform aggregasi konten komprehensif untuk berita, analisis, ide, dan pendapat. Platform ini ditujukan untuk seluruh pembuat konten serta trend dari berbagai kategori yang tersebar di seluruh Indonesia.

Visi dari UC Web itu sendiri ialah menyediakan sebuah platform di mana ribuan pembuat konten independen mencapai hasil yang menakjubkan, menciptakan branding pribadi, dan mengembangkan sumber pendapatan baru.

Kalo kalian tertarik, kalian bisa berpatisipasi dengan mudah kok. Syarat mutlaknya hanya satu, kalian harus suka menonton video di Internet. Kemudian untuk kategori video yang akan kalian upload sebaiknya yang memiliki sisi humor, Offbeat (unik dan aneh), Entertainment (Music, Dance, Etc), berita rasa Offbeat, serta Game. Untuk konten di sini terbagi menjadi dua, yang pertama copy, di mana sumber videonya mengambilnya dari orang lain + editing, minimal (cutting/bumper/audio).

Kemudian yang kedua yaitu konten original, di mana sumbernya yaitu milik pribadi. Selain milik pribadi, konten original ini bisa juga mengambil sumber dari orang lain. Namun, ditambah dengan editan sendiri, maksimal menambahkan narasi/dubbing/bumper/effect/animasi. Tentu pendapatan yang dihasilkan pun berbeda.  Pendapatan untuk konten original sekitar $0,6 – $1. Sedangkan, untuk konten copy pendapatannya sekitar $0,1 – $0,6.

Selain workshop, Jumat itu acara dilanjutkan dengan Talk Show bersama para alumni UAI untuk membahas peminatan. Alumni yang hadir ialah Gesheila Ambarwati, S.Ikom yang mewakili peminatan Strategic Marketing & Public Relation, kemudian Nuke Azwita, S.Ikom mewakili peminatan Broadcasting  & New Media, serta Rahgutomo P, S.Ikom yang mewakili peminatan Branding & Advertising.

Acara tersebut, dikemas dengan sangat menarik di mana para alumni sharing pengalaman mereka selama berkuliah sesuai dengan peminatannya masing-masing. Selain pengalaman selama kuliah, para alumni juga sharing pengalaman yang mereka dapat selama bekerja di bidang yang mereka geluti sekarang ini.

Tidak hanya sharing pengalaman, mereka juga aktif berinteraksi dengan para mahasiswa. Banyak interaksi tanya jawab yang terjadi. Mereka menanyakan tentang pengalaman saat berkuliah dengan peminatannya, serta bagaimana pengalaman yang didapat saat menginjak dunia kerja. Acara Talkshow dan sharing pengalaman bersama alumni tersebut, ternyata dapat sedikit banyak membantu para mahasiswa untuk menentukan peminatan yang sesuai dengan passion mereka masing-masing.

Reporter: Muhammad Faisal Barakuan | Fotografer: Ken Akbar & Rizky Amalia | Editor: Sasya Semitari P & Nadhira Aliya

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.